azizal's blog - Info info unik dan menarik

Info info unik dan menarik , artikel unik

Nokia Stop Layanan Musik Gratis di 27 Negara

Nokia akhirnya menghentikan paket layanan musik gratisnya di 27 negara. Padahal layanan yang dirilis pada 2008 ini sempat populer dengan kampanye 'Comes With Music'. 

Negara mana saja yang ditinggal layanan ini memang masih belum terbuka dengan jelas. Namun dilaporkan yang menjadi 'korban' di antaranya adalah Inggris dan Singapura.

Lalu bagaimana di Indonesia? Nokia menegaskan bahwa pihaknya masih melanjutkan penjualan ponsel yang dibundel dengan paket gratis ke layanan download musik gratis tersebut di Tanah Air, masa berlakunya adalah sampai 12 bulan.

Perlakuan ini sama dengan yang terjadi di China dan India. Sementara untuk Brasil, Turki dan Afrika Selatan layanan gratisnya cuma diberi tenggat waktu hingga enam bulan.

Sebelumnya, Nokia telah menaruh harapan tinggi terhadap akses layanan ini. Apalagi vendor ponsel raksasa itu sudah berhasil menggaet empat label besar: Vivendi Universal Music, EMI, Warner Music Group dan Sony.

Sayang, harapan yang sempat digantungkan cukup tinggi, yakni bisa menyaingi layanan iTunes milik Apple, sepertinya gagal. Akibat minimnya animo pengguna akhirnya layanan musik gratis yang dibundel dengan penjualan ponsel musik Nokia ini pun harus ditutup di 27 negara.

"Pasar jelas menginginkan layanan musik yang bebas DRM (digital right management)," ujar juru bicara Nokia. 

Pasalnya, dengan adanya software DRM akan membatasi pengguna untuk sharing lagu dari berbagai perangkat. Nokia sendiri berkilah akan terus menyediakan lagu tanpa DRM, dan saat ini perkembangannya sudah meluas di 38 negara.

Meski layanan download di 27 negara yang telah ditentukan direncanakan untuk ditutup, namun Nokia menegaskan akan tetap mempersilakan pengguna yang masih berlangganan untuk tetap mendownload musik sampai batas langganan berakhir.


Sumber : www.detik.com
0 Komentar untuk "Nokia Stop Layanan Musik Gratis di 27 Negara"

Followers

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info