azizal's blog - Info info unik dan menarik

Info info unik dan menarik , artikel unik

Buche de Noel, Batang Kayu yang Manis

Buche de Noel, Batang Kayu yang Manis
 
 
Cake klasik yang cantik  ini dapat anda temukan saat perayaan Natal. Rasa lembut cake yang bercampur manisnya coklat begitu mengelus lidah. Cake asal Prancis ini terbilang unik karena bentuknya yang menyerupai batang kayu.

Yule log adalam bahasa Prancis disebut Buche de Noel adalah salah satu cake tradisional Perancis. Cake ini selalu hadir pada perayaan Natal. Walaupun Buche de Noel adalah kue khas Perancis, namun kini Buche de Noel bisa ditemukan diberbagai negara, termasuk Indonesia.

Yule log atau Buche de Noel sebenarnya adalah bolu gulung yang dibentuk serupa batang pohon. Proses pembuatannya dilakukan beberapa hari sebelum hari Natal tiba. Di Perancis, biasanya perayaan natal selalu menyertakan Yule log, sebagai kue tradisional. Yule log artinya "kue batang kayu". Mengapa disebut demikian?

Konon Buche de Noel atau Yule log ini merupakan batang pohon utuh, dipilih dan dibawa masuk ke rumah dengan upacara besar. Ujung batang pohon ini kemudian diletakkan di perapian, sedangkan sisanya dijadikan pohon Natal. Batang kayu ini dibakar bersama dengan sisa-sisa Yule log tahun lalu, selama 12 hari.

Orang Perancis meyakini, dengan menyimpan sisa-sisa Yule log di rumah sepanjang tahun  bisa memberikan perlindungan terhadap api atau kebakaran yang terjadi di rumah. Olah karena itu menghidangkan Yule log atau Buche de Noel sebagai sajian Natal anda, yang memiliki arti mampu melindungi keselamatan rumah dan keluarga.

Cake ini biasanya dihiasi adonan krim mentega agar menyerupai salju, cabang-cabang pohon, buah segar, dan jamur yang terbuat dari meringue. Agar tambah nikmat Yule log atau Buche de Noel ini disajikan dengan minuman teh ataupun kopi hangat. Selamat menikmati buche de Noel!


Sumber : www.detikfood.com
0 Komentar untuk "Buche de Noel, Batang Kayu yang Manis"

Followers

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info