azizal's blog - Info info unik dan menarik

Info info unik dan menarik , artikel unik

Orang yang Dibius Sebenarnya Tidak Tidur Tapi Mirip Koma

Pasien yang dibius total biasanya terlihat seperti orang yang tidur nyenyak. Tapi peneliti Amerika menuturkan bahwa kondisi tersebut lebih mirip dengan koma dibanding tidur nyenyak.

"Anestesi umum adalah koma farmakologis dan bukan tidur," ujar Dr Nicholas Schiff dari Weill Cornell Medical College di New York, seperti dikutip dari Foxnews, Jumat (31/12/2010).

Peneliti menuturkan obat anestesi umum lebih mirip dengan obat yang digunakan untuk menginduksi koma. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine ini berdasarkan studi selama 3 tahun untuk mengetahui persamaan dan perbedaan dari kondisi tidur, anestesi dan koma.

Dokter dan pasien menggambarkan anestesi umum seperti layaknya orang yang tidur, padahal yang terjadi adalah ada perbedaan signifikan antara kondisi orang yang tidur dan fase anestesi umum.

Saat tidur biasanya melibatkan beberapa tahapan yang harus dilalui hingga akhirnya seseorang tertidur dengan nyenyak. Sedangkan pada anestesi umum pasien biasanya dibawa hingga ke fase tertentu dan dibiarkan dalam posisi itu selama operasi. Fase ini sangat menyerupai ketika seseorang sedang koma.

"Saat diberikan anestesi umum, otak menjadi sangat sangat tenang dan kegiatan neuron atau saraf dikurangi secara dramatis. Kondisi ini terjadi pada orang yang koma," ujar Dr Shiff.

Para ahli anestesi umumnya tahu cara yang aman untuk menjaga pasien tetap berada dalam fase tertentu, tapi kebanyakan tidak akrab dengan mekanisme saraf yang terjadi pada orang koma untuk membantunya mempertahankan hidup.

Pemulihan atau menyadarkan orang yang diberi anestesi umum jauh lebih cepat dari koma. Untuk itu para ahli bisa mempelajari bagaimana cara orang bangun dari anestesi sebagai model untuk memprediksi tahapan dari koma. Diharapkan ada strategi-strategi baru yang bisa dilakukan untuk membantu dokter menyadarkan pasien yang koma.

Sumber : www.detik.com
0 Komentar untuk "Orang yang Dibius Sebenarnya Tidak Tidur Tapi Mirip Koma"

Followers

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info